...,TERIMA KASIH ANDA TELAH MAMPIR KE BLOG INI,...

Minggu, 26 April 2009

BUDAYAKAN MEDITASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.


Kalau kita perhatikan disekeliling kita, baik itu dalam lingkungan keluarga atau dalam satu komunitas sekitar kita, seperti misalnya kehidupan budaya di Bali ini hanya satu contoh, kita akan melihat bagaimana siklus kehidupan bekerja, berbagai rutinitas berjalan setiap hari tanpa henti, dari jaman nenek moyang kita hingga kini.
Mulai dari kesibukan yang bersifat jasmani maupun yang bersifat rohani keduanya berjalan saling berkesinambungan, di Bali budaya ini sudah bukan lagi merupakan sesuatu yang aneh, mereka melakukan ini atas dua hal, jasmani yaitu memenuhi kebutuhan-kebutuhan untuk kecukupan kehidupannya dan rohani yaitu menjalankan apa yang sudah digariskan oleh warisan leluhurnya dan menjadikannya sebagai dasar-dasar kepercayaan.
Kedua aktifitas ini seolah-olah tidak pernah berbenturan berjalan sesuai dengan waktunya, kapan mereka memenuhi kebutuhan jasmaninya dan kapan mereka memenuhi kebutuhan rohaninya.
Belum lagi rumitnya kehidupan budaya adat istiadat di Bali, aktifitas rohani yang demikian padat dan juga tergolong sangat rumit, kemudian banyaknya persiapan yang mereka lakukan menjelang upacara adat dimulai, ini merupakan hal yang luar biasa..... sulit untuk dibayangkan.
Lalu bagai mana rutinitas ini bisa berjalan terus menerus seperti tidak ada keluh kesah dan juga rasa bosan, mereka terlihat sangat menikmatinya....dan hebatnya ini bisa berlangsung hingga keturunan-keturunannya saat ini.
Ini sangat menarik perhatian saya, dan sumber inspirasi bagi saya untuk belajar lebih banyak tentang hidup dan kehidupan, berangkat dari "kesederhanaan" ( maksudnya disini yaitu Bali Original, yang masih memiliki kemurnian fikiran) belum tercemar oleh keinginan-keinginan, dan nafsu akan materi, jadi apa yang mereka kerjakan hanya sebatas memenuhi kebutuhan pokoknya saja. Mereka hanya fokus kepada apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab yang menjadi kewajibannya tanpa ada keinginan lain, dengan kesederhanaan ini mereka mampu bertahan dalam rutinitas yang ada di linkungannya, dari prilaku ini saya mendapatkan sesuatu yang berguna bagi saya juga mungkin untuk yang lainnya. Ini bisa dijadikan cermin. Kesederhanaan adalah modal dasar, dengan kesederhanaan pikiran kita akan menjadi lebih fokus, kita akan mudah konsentrasi kepada suatu pokok permasalahan, kesederhanaan akan mengurangi beban yang ditanggung oleh pikiran kita, dengan berkurangnya beban yang di tanggung oleh pikiran kita praktis keadaan stres atau tegang tidak akan terjadi, kesederhanaan akan membawa kita pada suatu keadaan yang tenang, dalam keadaan tenang.... apapun bisa kita lakukan, tanpa kita sadari sesungguhnya kita tengah bermeditasi, hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap jasmani yang kita miliki, hidup akan terus berjalan sesuai dengan siklusnya. Yang menjadi pertanyaan sekarang ini adalah, dapat kah kita menjalankan kesederhanaan ini?, ini adalah tugas dari masing-masing indifidu untuk memilihnya.
Ketenangan hanya bisa kita peroleh melalui meditasi, namun meditasi hanya bisa kita lakukan apabila jiwa dan pikiran kita dalam keadaan tenang, damai dan semuannya itu hanya bisa terwujud dalam kesederhanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar